Kamis, 13 Oktober 2011

Sistem Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web


Usulan skripsi
Sistem Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web



Yang di ajukan oleh
Nurul Islah Amrullah
L200070056





Di setujui oleh

Pembimbing I



Umi Fadillah, S.T                                                Tanggal,......................    

Pembimbing II



Tindyo Prasetyo, S.T                                          Tanggal,...........................           




1.      Judul
Sistem Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web

2.      Latar Belakang
Pencak Silat merupakan salah satu cabang olah raga asli Indonesia, Perguruan dan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci merupakan salahsatu dari sekian ribu Perguruan Silat yang ada di indonesia, yang merupakan organisasi otonom Muhammadiyah dan berada di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) kejuaraan baik dari tingkat daerah, Wilayah dan Nasional sering dilakukan sebagai wujud pembinaan atlet dalam berprestasi, Turnamen Tapak Suci Jawa Tengan merupakan salah satu wujud pembinaan prestasi yang di lakukan Tapak Suci Unit 003 UMS yang merupakan program kerja pengurus yang di agendakan dua tahun sekali pada tingkat  Pelajar Menengah Atas di tingkat Wilayah khususnya Jawa Tengah.
Dewasa ini kemajuan teknologi sangat pesat tidak perlu hitungan tahun,  hanya dengan hitungan bulan saja sudah mengalami perubahan, dari yang dahulu bersifat statis sampai yang sekarang atau dinamis. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut dirasa perlu untuk pemanfaatan teknologi sebagai media untuk Sistem Informasi kejuaraan karena kurangnya pemanfaatan teknologi informasi secara optimal sehingga selama ini masih secara setengah-setengah saja dan masih secara manual yang menjadikan kendala untuk meperoleh informasi yang kurang jelas karena kendala teknis yakni letak geografis yang berjauhan sehingga untuk memperoleh informasi tentang even kejuaraan sedik terhambat selain itu juga, melakukan pendaftaran dan drawing (pengundian).
Berdasarkan hal tersebut maka dirasa perlu untuk dibuat Sistem Informasi kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL dengan harapan dari sistem manual seperti memperoleh informasi kejuaraan harus melaui media pubikasi kertas diharapkan setelah dengan Sistem Informasi Berbasis Web ini bisa lebih mudah dan dapat menekan biaya, selain itu juga sistem drawing (pengundian) yang biasanya memakan banyak waktu dan tenaga dengan adanya Sistem Informasi ini dapat mengefisiensikan waktu yang ada diharapkan degan adanya Sistem Informasi ini dapat memberikan sumbangan bagi perbaikan pengelolaan administrasi kompetisi.

3.      Rumusan Masalah
Berdasarkan pada hal di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana memperoleh informasi tentang kejuaraan
2.      Bagaimana cara melaksanakan pendaftaran
3.      Bagaimana melaksanakan drawing (pengundian)
4.      Batasan Masalah
Penyusunan penelitian ini, penulis merasa sangat perlu untuk membatasi masalah agar tidak menyimpang dari tujuan semula. Untuk menghindari kerancuan dan pelebaran masalah, penulis membatasi pokok permasalahan, antara lain :
1.      Karena dalam sistem informasi kejuaraan banyak hal teknis maupun non teknis sehingga dalam hal ini permasalahan hanya di batasi pada pendaftaran, regristrasi dan drawing.
2.      Program yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan PHP sedangkan untuk aplikasi databasenya adalah MySQL.

5.      Tujuan Penelitian
Harapan dari perancangan sistem Informasi ini dapat di implementasikan dalam Kejuaraan Turnamen Tapak Suci, sehingga kontingen (team atlet) secara mudah dapat memperoleh informasi kejuaraan, melaksanakan pendaftaran, dan drawing dalam kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah.

6.      Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat baik secara praktis
maupun akademis, sebagai berikut :
1.      Kegunaan Praktis
Penelitian ini di maksudkan supaya dapat mengembangkan sistem informasi pengolahan data yang selama ini manual menjadi sistem informasi pengolahan data berbasis komputer yang terintegrasi, sehingga dapat memberikan informasi secara cepat, dan tepat.

2.      Kegunaan Akademis
Secara akademis diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat, diantaranya:
1.      Bagi pengembangan ilmu pengetahuan, hasil penelitian ini dapat memberikan suatu karya penelitian baru yang dapat mendukung dalam pengembangan sistem informasi.
2.      Bagi penulis, hasil penelitian ini dapat menambah  wawasan pengetahuan, khususnya pada bidang keilmuan sistem informasi dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh secara teori lapangan.
3.      Bagi penulis lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian yang sama pada pengembangan ataupun pembuatan aplikasi program komputer.

7.      Tinjauan Pustaka
7.1  Telaah Pustaka
Krisharnomo,  Sofwan .A, Isnanto .A, R. Rizal (2011) melaksanakan penelitian tentang Sistem Informasi Kompetisi Sepakbola Liga Indonesia Berbasis Web, tugas akhir ini dibuat dengan menggunakan php untuk desainweb dan MySQL sebagai data basenya selain itu dalam tugas akhir tersebut berisi tentang sisten informasi club, jadwal pertandingan dan hasil akhir pertandingan.
Dewi Gustri Perwirawati (2010) melaksanakan penelitian tentang Sistem informasi Pengolahan Data Kejuaraan Di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, tugas akhir ini dibuat menggunakan program Borland Delphi 7.0 dan databasenya menggunakan SQL server 2000. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yakni sistem informasi yang berjalan masih menggunakan Ms.Excel yang kemudian dianalisis dan dirancang baru menjadi sistem informasi pengolahan data kejuaraan yang sistemterkomputerisasi menggunakan database yaitu suatu sistem informasi yang dapat mendukung perkembangan teknologi informasi yang diharapkan dapat mencapai kinerja yang diinginkan. 
Sepengetahuan penulis selama ini belum ada yang mengerjakan skripsi tentang Sistem Informasi tentang kejuaraan yang terkait mulai dari informasi kejuaraan pendaftaran dan administrasi, sampai pada sistem drawing (pengundiannya). Jadi penelitian ini bersifat baru dan diharapkan dapat bermanfaat.

7.2  Landasan Teori
Laporan penelitian diperlukan beberapa deskripsi dan pengertian yang berhubungan dengan kebutuhan Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawatengah. Pembahasan dalam bab ini difokuskan pada referensi tentang Sisten Informasi, database, MySQL, dan PHP.
1.      Sistem informasi
Menurut Indrajit dalam Zubair (2005, hal: 9) Sistem Informasi adalah data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat karena dapat dikomunikasikan kepada seseorang yang akan menggunakannya untuk membuat keputusan, sedangkan data sebagai bahan baku informasi, didefiniskan sebagai fakta mengenai objek, orang dan lain lain.
Pemakaian istilah informasi dalam sistem informasi sangatlah beraneka ragam, beberapa ilmuan dan pemakaian istilah ini banyak pula dipertentangkan muali dari pesan seseorang yang disampaikan dan laporan yang dikeluarkan dari sistem komputer. Akan tetapi, dalam suatu organisasi bisnis, informasi mengarah pada output atau dari hasil cetakan dari sistem komputerisasi yang ditetapkan oleh suatu sistem informasi pada organisasi ataupun perusahaan, kemudian informasi ini akan mempunyai nilai dalam pengambilan keputusan.



2.      Basisdata
Database adalah kumpulan file-file yang saling berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada. Satu  database menunjukkan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan, instansi. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, merupakan satu kumpulan entity yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan untuk menunjukkan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record (Kristanto, 2004).

3.      PHP
PHP merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan didalam server dan diproses di server. Hasilnyalah yang dikirimkan ke clien, tempat pemakai menggunakan browser.  Secara khusus PHP dibuat untuk membuat website dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya anda bisa menampilkan isi database ke halaman website (Kadir, 2003).

4.      MySQL
MySQL adalah sistem manajemen database relasional. Suatu relasional menyimpan data dalam tabel-tabel teripisah. Hal ini memungkinkan kecepatan dan fleksibilitas. Tabel-tabel yang dihubungkan dengan relasi yang ditentukan membuatnya bisa mengkombinasi data dari beberapa tabel dari suatu permintaan. Bagian SQL dari  kata MySQL berasal dari “Structured Query Language” – bahasa paling umum yang dipergunakan untuk mengakses database. Konektivitas, kecepatan dan keamannya membuat MySQL cocok untuk pengaksesan database pada internet. MySQL merupakan sistem client - server yang terdiri  dari SQL server multihreaded yang memungkinkan backend yang berbeda, sejumlah program client dan library yang berbeda, tool administratif, dan beberapa antarmuka pemrogaman. MySQL juga tersedia sebagai library yang bisa digabungkan di aplikasi (Utdirartatmo, 2002).
5.      Macromedia Deamweaver
“Dreamweaver merupakan program penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia(jayan, 2007). Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.
6.      Adobe Photoshop
“Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek” (Jayan, 2007).
7.      Web Browser
“Browser adalah program yang digunakan untuk membaca dokumen HTLM” (Jayan, 2007). Program Web Browser sangat banyak sekali yang tersedia dan dapat kita gunakan antara lain adalah: Mozila Firefox, Google Crome,  Opera.

8.      Metode Penelitian
8.1  Waktu dan tempat
Lama waktu pengerjaan            :  4 bulan (Oktober – Januari 2011)
Tempat pelaksanaan kegiatan   : Unit Kegiatan Mahasiswa Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Unit 003 Universitas Muhammadiyah Surakarta
8.2  Peralatan Utama Pendukung
Dalam perancangan Sistem Informasi ini penulis memerlukan alat pendukung dengan spesifikasi sebagai berikut:
8.2.1        Hardware
1.      Komputer PC dengan spesifiakasi minimal Pentium 4 atau versi di atasnya
2.      RAM 2Gb
3.      Hardisk 120Gb
4.      Monitor, mause, dan keyboard sebagai input dan output
8.2.2        Software
1.      Macromedia Dreamweafer sebagai text editor
2.      MySQL sebagai Database
3.      Adode photoshop sebagai designer
4.      Google crome sebagai web browser

8.3  Diagram Alir
Diagram Alur Penelitia (Flowchart)











9.      Sistematika Penulisan
Guna mempermudah melihat dan mengetahui pembahasan yang ada pada penelitian ini secara menyeluruh, maka perlu dikemukakan sistematika yang merupakan kerangka dan pedoman penulisan skripsi. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
1.                                          Bagian Awal Skripsi
Bagian awal memuat halaman sampul depan, halaman judul, halaman persetujuan dosen pembimbing, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, halaman kata pengantar, halaman daftar isi, halam daftar tabel, halaman daftar gambar, halaman daftar lampiran, arti lambang dan singkatan dan abstraksi.
2.    Bagian Utama Skripsi.
Bagian Utama terbagi atas bab dan sub bab yaitu sebagai berikut :
BAB I                         PENDAHULUAN
Bab  ini meliputi  latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan  penelitian,  manfaat  penelitian,  dan  sistematika  penulisan  laporan
BAB II            TINJAUAN PUSTAKA
Bab tinjauan pustaka ini meliputi :
1.      Telaah Penelitian yang berisi tentang hasil – hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.
2.      Landasan Teori yang berisi tentang pembahasan pengertian MySQL,Macromedia Dreamweafer, Adobe Photoshop, dan PHP.
BAB III          METODE PENELITIAN
Bab  ini  menguraikan  tentang jenis penelitian yang dilakukan, sumber data yang digunakan, bagaimana teknik pengumpulam data yang dilakukan, serta analisa semua permasalahan yang ada.
BAB IV          HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini terdiri dari ganmbaran tahapan penelitian, analisis dan hasilnya. Baik dari secara kulitatif, kuantitatif dan statistik, serta pembahasan hasil penelitian.
Supaya tersusun dengan baik diklasifikasikan ke dalam :
1.1  Hasil Penelitian
1.2  Analisa atau Pembahasan
BAB V         PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari seluruh penelitian yang telah dilakukan. Kesimpulan dapat dikemukakan masalah yang ada pada penelitian serta hasil dari penyelasaian penelitian yang bersifat analisis obyektif. Sedangkan saran berisi mencantumkan jalan keluar untuk mengatasi masalah dan kelemahan yang ada. Saran ini tidak lepas ditujukan untuk ruang lingkup penelitian.
3.    Bagian Akhir Skripsi.
Bagian akhir dari skripsi ini berisi tentang daftar pustaka dan daftar lampiran

10.  Jadwal Penelitian
Tabel rencana pelaksanaan skripsi

Aktivitas
Bulan
Oktober
November
Desember
Januari
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Proposal penelitian
















Seminar proposal
















Pembuatan objek
















Analisa kesalahan
















Pembuatan laporan dan revisi


















DAFTAR PUSTAKA


Anindiarto Krisharnomo, Aghus Sofwan, R. Rizal Isnanto, Sistem Informasi Kompetisi Sepakbola Liga Indonesia Berbasis WebMenggunakan Php Dan Mysql, (http://www.elektro.undip.ac.id/el_kpta/upload/L2F303420_MTA.pdf, diakses pada 10, Oktober 2011)

Nugroho, B, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2004.

Simarmata, J. & I. Paryudi, Basis Data, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006.

Siska Dewi Gustri Perwirawati, Sistem informasi Pengolahan Data Kejuaraan Di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, (http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-siskadewig-22217&q=sistem%20kejuaraan, diakses pada 10, Oktober 2011)
Jayan, Desain Situs Keren dengan Photoshop dan Dreamweaver, Penerbit Maxikom, Palembang, 2007.

3 komentar:

semanggkaa ..

semangat kka .. mga sukses usulan skripsi na ..