Usulan skripsi
Sistem
Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web
Yang
di ajukan oleh
Nurul
Islah Amrullah
L200070056
Di
setujui oleh
Pembimbing I
Umi Fadillah, S.T Tanggal,......................
Pembimbing II
Tindyo Prasetyo, S.T Tanggal,...........................
1. Judul
Sistem
Informasi Kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web
2. Latar Belakang
Pencak Silat merupakan salah satu cabang olah raga
asli Indonesia, Perguruan dan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci merupakan
salahsatu dari sekian ribu Perguruan Silat yang ada di indonesia, yang
merupakan organisasi otonom Muhammadiyah dan berada di bawah naungan Ikatan
Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) kejuaraan baik dari tingkat daerah,
Wilayah dan Nasional sering dilakukan sebagai wujud pembinaan atlet dalam
berprestasi, Turnamen Tapak Suci Jawa Tengan merupakan salah satu wujud
pembinaan prestasi yang di lakukan Tapak Suci Unit 003 UMS yang merupakan
program kerja pengurus yang di agendakan dua tahun sekali pada tingkat Pelajar Menengah Atas di tingkat Wilayah
khususnya Jawa Tengah.
Dewasa ini kemajuan teknologi sangat pesat tidak
perlu hitungan tahun, hanya dengan
hitungan bulan saja sudah mengalami perubahan, dari yang dahulu bersifat statis
sampai yang sekarang atau dinamis. Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut
dirasa perlu untuk pemanfaatan teknologi sebagai media untuk Sistem Informasi
kejuaraan karena kurangnya pemanfaatan teknologi informasi secara optimal sehingga
selama ini masih secara setengah-setengah saja dan masih secara manual yang
menjadikan kendala untuk meperoleh informasi yang kurang jelas karena kendala
teknis yakni letak geografis yang
berjauhan sehingga untuk memperoleh informasi tentang even kejuaraan sedik terhambat selain itu juga, melakukan pendaftaran
dan drawing (pengundian).
Berdasarkan hal tersebut maka dirasa perlu untuk dibuat
Sistem Informasi kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah Berbasis Web
Menggunakan PHP dan MySQL dengan harapan dari sistem manual
seperti memperoleh informasi kejuaraan harus melaui media pubikasi kertas
diharapkan setelah dengan Sistem Informasi Berbasis Web ini bisa lebih mudah
dan dapat menekan biaya, selain itu juga sistem drawing (pengundian) yang
biasanya memakan banyak waktu dan tenaga dengan adanya Sistem Informasi ini
dapat mengefisiensikan waktu yang ada
diharapkan degan adanya Sistem Informasi ini dapat memberikan sumbangan bagi
perbaikan pengelolaan administrasi kompetisi.
3. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada hal di atas, maka dapat dirumuskan
permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana
memperoleh informasi tentang kejuaraan
2. Bagaimana
cara melaksanakan pendaftaran
3. Bagaimana
melaksanakan drawing (pengundian)
4. Batasan Masalah
Penyusunan penelitian ini, penulis
merasa sangat perlu untuk membatasi masalah agar tidak menyimpang dari tujuan
semula. Untuk menghindari kerancuan dan pelebaran masalah, penulis membatasi
pokok permasalahan, antara lain :
1. Karena
dalam sistem informasi kejuaraan banyak hal teknis maupun non teknis sehingga
dalam hal ini permasalahan hanya di batasi pada pendaftaran, regristrasi dan
drawing.
2. Program
yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan PHP sedangkan untuk
aplikasi databasenya adalah MySQL.
5.
Tujuan
Penelitian
Harapan
dari perancangan sistem Informasi ini dapat di implementasikan dalam Kejuaraan
Turnamen Tapak Suci, sehingga kontingen (team atlet) secara mudah dapat memperoleh
informasi kejuaraan, melaksanakan pendaftaran, dan drawing dalam kejuaraan Turnamen Tapak Suci Jawa Tengah.
6.
Manfaat
Penelitian
Penelitian
ini diharapkan akan memberikan manfaat baik secara praktis
maupun
akademis, sebagai berikut :
1. Kegunaan
Praktis
Penelitian ini di maksudkan supaya dapat
mengembangkan sistem informasi pengolahan data yang selama ini manual menjadi
sistem informasi pengolahan data berbasis komputer yang terintegrasi, sehingga
dapat memberikan informasi secara cepat, dan tepat.
2. Kegunaan
Akademis
Secara akademis diharapkan penelitian ini dapat
memberikan manfaat, diantaranya:
1. Bagi
pengembangan ilmu pengetahuan, hasil penelitian ini dapat memberikan suatu
karya penelitian baru yang dapat mendukung dalam pengembangan sistem informasi.
2. Bagi
penulis, hasil penelitian ini dapat menambah
wawasan pengetahuan, khususnya pada bidang keilmuan sistem informasi
dengan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh secara teori lapangan.
3. Bagi
penulis lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam
penelitian yang sama pada pengembangan ataupun pembuatan aplikasi program
komputer.
7.
Tinjauan
Pustaka
7.1 Telaah Pustaka
Krisharnomo, Sofwan .A,
Isnanto .A, R. Rizal (2011) melaksanakan penelitian tentang Sistem Informasi
Kompetisi Sepakbola Liga Indonesia Berbasis Web, tugas akhir ini dibuat dengan
menggunakan php untuk desainweb dan MySQL sebagai data basenya selain itu dalam tugas akhir tersebut berisi tentang
sisten informasi club, jadwal pertandingan dan hasil akhir pertandingan.
Dewi Gustri Perwirawati
(2010) melaksanakan penelitian tentang Sistem informasi Pengolahan Data Kejuaraan Di
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, tugas akhir ini
dibuat menggunakan program Borland Delphi 7.0 dan databasenya menggunakan SQL server 2000. Adapun hasil akhir dari penelitian ini
yakni sistem informasi yang berjalan masih menggunakan Ms.Excel yang kemudian dianalisis dan
dirancang baru menjadi sistem informasi
pengolahan
data kejuaraan yang sistemterkomputerisasi
menggunakan database yaitu suatu sistem informasi yang dapat
mendukung perkembangan teknologi informasi yang diharapkan dapat mencapai
kinerja yang diinginkan.
Sepengetahuan penulis
selama ini belum ada yang mengerjakan skripsi tentang Sistem Informasi tentang
kejuaraan yang terkait mulai dari informasi kejuaraan pendaftaran dan
administrasi, sampai pada sistem drawing
(pengundiannya). Jadi penelitian ini bersifat baru dan diharapkan dapat
bermanfaat.
7.2 Landasan Teori
Laporan
penelitian diperlukan beberapa deskripsi dan pengertian yang berhubungan dengan
kebutuhan Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Kejuaraan Turnamen
Tapak Suci Jawatengah. Pembahasan dalam bab ini difokuskan pada referensi
tentang Sisten Informasi, database,
MySQL, dan PHP.
1. Sistem
informasi
Menurut
Indrajit dalam Zubair (2005, hal: 9) Sistem Informasi
adalah data yang telah disusun sedemikian rupa sehingga bermakna dan bermanfaat
karena dapat dikomunikasikan kepada seseorang yang akan menggunakannya untuk
membuat keputusan, sedangkan data sebagai bahan baku informasi, didefiniskan
sebagai fakta mengenai objek, orang dan lain lain.
Pemakaian
istilah informasi dalam sistem informasi sangatlah beraneka ragam, beberapa
ilmuan dan pemakaian istilah ini banyak pula dipertentangkan muali dari pesan
seseorang yang disampaikan dan laporan yang dikeluarkan dari sistem komputer.
Akan tetapi, dalam suatu organisasi bisnis, informasi mengarah pada output atau
dari hasil cetakan dari sistem komputerisasi yang ditetapkan oleh suatu sistem
informasi pada organisasi ataupun perusahaan, kemudian informasi ini akan
mempunyai nilai dalam pengambilan keputusan.
2. Basisdata
Database
adalah kumpulan file-file yang saling
berelasi, relasi tersebut biasa ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada. Satu
database
menunjukkan satu kumpulan data yang dipakai dalam satu lingkup perusahaan,
instansi. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar,
sama bentuk, merupakan satu kumpulan entity
yang seragam. Satu record terdiri
dari field-field yang saling
berhubungan untuk menunjukkan bahwa field
tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan direkam dalam satu record (Kristanto, 2004).
3. PHP
PHP
merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan didalam server dan diproses di server.
Hasilnyalah yang dikirimkan ke clien,
tempat pemakai menggunakan browser. Secara khusus PHP dibuat untuk membuat website dinamis. Artinya, ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan
permintaan terkini. Misalnya anda bisa menampilkan isi database ke halaman website (Kadir, 2003).
4. MySQL
MySQL
adalah sistem manajemen database
relasional. Suatu relasional menyimpan data dalam tabel-tabel teripisah. Hal
ini memungkinkan kecepatan dan fleksibilitas.
Tabel-tabel yang dihubungkan dengan relasi yang ditentukan membuatnya bisa
mengkombinasi data dari beberapa tabel dari suatu permintaan. Bagian SQL dari
kata MySQL berasal dari “Structured Query Language” – bahasa
paling umum yang dipergunakan untuk mengakses database. Konektivitas, kecepatan dan keamannya membuat MySQL cocok untuk pengaksesan database pada internet. MySQL merupakan
sistem client - server yang
terdiri dari SQL server multihreaded yang memungkinkan backend yang berbeda, sejumlah program client dan library yang berbeda, tool
administratif, dan beberapa antarmuka pemrogaman. MySQL juga tersedia sebagai library
yang bisa digabungkan di aplikasi (Utdirartatmo,
2002).
5. Macromedia Deamweaver
“Dreamweaver merupakan program
penyunting halaman web keluaran Adobe Systems yang dulu dikenal
sebagai Macromedia Dreamweaver keluaran Macromedia”(jayan, 2007). Program ini banyak digunakan oleh pengembang
web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.
6. Adobe Photoshop
“Adobe Photoshop, atau
biasa disebut Photoshop, adalah
perangkat lunak editor citra buatan Adobe
Systems yang dikhususkan untuk
pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek” (Jayan, 2007).
7. Web Browser
“Browser
adalah program yang digunakan untuk membaca dokumen HTLM” (Jayan, 2007).
Program Web Browser sangat banyak sekali yang tersedia dan dapat kita gunakan
antara lain adalah: Mozila Firefox, Google Crome, Opera.
8.
Metode
Penelitian
8.1 Waktu dan tempat
Lama waktu pengerjaan : 4 bulan (Oktober – Januari 2011)
Tempat pelaksanaan kegiatan : Unit Kegiatan Mahasiswa Perguruan Seni
Beladiri Indonesia Tapak Suci Unit 003 Universitas Muhammadiyah Surakarta
8.2 Peralatan Utama Pendukung
Dalam
perancangan Sistem Informasi ini penulis memerlukan alat pendukung dengan
spesifikasi sebagai berikut:
8.2.1
Hardware
1. Komputer
PC dengan spesifiakasi minimal Pentium 4 atau versi di atasnya
2. RAM
2Gb
3. Hardisk
120Gb
4. Monitor,
mause, dan keyboard sebagai input dan
output
8.2.2
Software
1. Macromedia Dreamweafer
sebagai text editor
2. MySQL
sebagai Database
3. Adode photoshop
sebagai designer
4. Google
crome sebagai web browser
8.3 Diagram Alir
Diagram
Alur Penelitia (Flowchart)

9.
Sistematika
Penulisan
Guna
mempermudah melihat dan mengetahui pembahasan yang ada pada penelitian ini
secara menyeluruh, maka perlu dikemukakan sistematika yang merupakan kerangka
dan pedoman penulisan skripsi. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai
berikut :
1.
Bagian Awal Skripsi
Bagian
awal memuat halaman sampul depan, halaman judul, halaman persetujuan dosen
pembimbing, halaman pengesahan, halaman motto dan persembahan, halaman kata
pengantar, halaman daftar isi, halam daftar tabel, halaman daftar gambar,
halaman daftar lampiran, arti lambang dan singkatan dan abstraksi.
2. Bagian
Utama Skripsi.
Bagian
Utama terbagi atas bab dan sub bab yaitu sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Bab ini meliputi
latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian,
manfaat penelitian, dan
sistematika penulisan laporan
BAB
II TINJAUAN
PUSTAKA
Bab
tinjauan pustaka ini meliputi :
1. Telaah
Penelitian yang berisi tentang hasil – hasil penelitian terdahulu yang
berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.
2. Landasan
Teori yang berisi tentang pembahasan pengertian MySQL,Macromedia Dreamweafer, Adobe Photoshop, dan PHP.
BAB
III METODE PENELITIAN
Bab ini
menguraikan tentang jenis
penelitian yang dilakukan, sumber data yang digunakan, bagaimana teknik
pengumpulam data yang dilakukan, serta analisa semua permasalahan yang ada.
BAB
IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab
ini terdiri dari ganmbaran tahapan penelitian, analisis dan hasilnya. Baik dari
secara kulitatif, kuantitatif dan statistik, serta pembahasan hasil penelitian.
Supaya
tersusun dengan baik diklasifikasikan ke dalam :
1.1 Hasil
Penelitian
1.2 Analisa
atau Pembahasan
BAB V PENUTUP
Bab
ini berisi kesimpulan dan saran dari seluruh penelitian yang telah dilakukan.
Kesimpulan dapat dikemukakan masalah yang ada pada penelitian serta hasil dari
penyelasaian penelitian yang bersifat analisis obyektif. Sedangkan saran berisi
mencantumkan jalan keluar untuk mengatasi masalah dan kelemahan yang ada. Saran
ini tidak lepas ditujukan untuk ruang lingkup penelitian.
3. Bagian
Akhir Skripsi.
Bagian
akhir dari skripsi ini berisi tentang daftar pustaka dan daftar lampiran
10. Jadwal Penelitian
Tabel rencana pelaksanaan skripsi
Aktivitas
|
Bulan
|
|||||||||||||||
Oktober
|
November
|
Desember
|
Januari
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Proposal penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Seminar proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan objek
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Analisa kesalahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan laporan dan revisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
Anindiarto
Krisharnomo, Aghus Sofwan, R. Rizal Isnanto, Sistem Informasi Kompetisi
Sepakbola Liga Indonesia Berbasis WebMenggunakan Php Dan Mysql, (http://www.elektro.undip.ac.id/el_kpta/upload/L2F303420_MTA.pdf,
diakses pada 10, Oktober 2011)
Nugroho,
B, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Penerbit Gava Media,
Yogyakarta, 2004.
Simarmata,
J. & I. Paryudi, Basis Data, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006.
Siska Dewi Gustri
Perwirawati, Sistem informasi Pengolahan Data Kejuaraan Di Komite Olahraga Nasional Indonesia
(KONI) Provinsi Jawa Barat, (http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-siskadewig-22217&q=sistem%20kejuaraan,
diakses pada 10, Oktober 2011)
Jayan, Desain Situs Keren dengan
Photoshop dan Dreamweaver, Penerbit Maxikom, Palembang, 2007.
3 komentar:
good job my fren...
semanggkaa ..
semangat kka .. mga sukses usulan skripsi na ..
selamat dan sukses
Posting Komentar